Jalan – Jalan Anti Mainstream Yogyakarta : Goa Kalisuci

Halo !

IMG_0510

Yogyakarta merupakan destinasi wisata yang tidak ada habisnya. Tanpa kita sadari, daerah tersebut memiliki pesona yang menarik kita untuk kesana terus tidak kenal rasa jenuh. Perjalanan ke Yogyakarta ini saya lakukan dengan teman-teman sepermainan saya semenjak SD hingga Kuliah sekarang pada bulan Agustus 2014 yang lalu.

Kami sudah punya rencana dalam satu hari yaitu menyewa mobil dengan Sewa Mobil milik Mas Abew yaitu ke Goa Kalisuci, Air Terjun Sri Gethuk, dan Pantai Ngrenehan. Saya yakin kebanyakan dari kalian bahkan belum pernah mendengar nama tempatnya.

Pertama, saya akan merekomendasikan sewa mobil bersama Mas Abew. Mobilnya baru, lagu-lagunya gaul, dan Mas Abewnya sendiri enak banget diajak mengobrol. Masih muda, jadi nyambung deh kalau ngobrol. Tentunya, harganya cukup murah untuk perjalanan yang jauh ke arah Pantai Ngrenehan (serius jauh banget, sampai ga enak sama Mas Abew-nya) cuma Rp 450.000 termasuk bensin ! Ya, itu memang sebelum kenaikan BBM sih, tapi kalian coba cek linknya disini.

Tempat wisata pertama, Goa Kalisuci ! Mungkin kalian seringnya dengar tempat yang lagi naik daun banget namanya Goa Pindul. Yang saya tau tempat itu sudah ramai orang sehingga ga asik buat dikunjungi, rasanya ga privat lagi. Tidak ada minimal pengunjung untuk masuk, sehingga kami memilih pergi ke Goa Kalisuci yang belum terlalu terkenal. Perjalanan ke Goa Kalisuci tidak terlalu jauh dari Goa Pindul dan ditempat tersebut sudah terdapat paket mengikuti cave tubing dengan tiga pendamping.

IMG_0601

Perbedaan yang cukup signifikan antara Goa Kalisuci dan Goa Pindul adalah jumlah orang yang datang. Goa Kalisuci selalu memastikan bahwa pengunjung maksimal 15 orang untuk menjaga keamanan. Selain itu medan menuju goanya juga cukup sulit di Kalisuci, serunya di Goa Kalisuci terdapat arusnya sedangkan Goa Pindul ditarik-tarik bannya sama pemandu, dan pemandangan di Goa Kalisuci juga lebih bagus daripada Goa Pindul karena Goanya lebih tinggi-tinggi. (Pengalaman pribadi)

Tetapi, buat kalian yang suka foto-foto, tempat ini agak sulit mendapatkan foto yang terbaik karena arusnya yang cukup banyak dan menantang seperti di Waterbom sehingga saya dan teman-teman saya tersebut…. kebanyakan fotonya aib 😥 Di sisi lain, sepinya pengunjung Goa Kalisuci membuat kita menikmati keindahan goa dengan lebih tenang, tidak dikejar-kejar waktu apalagi waktu itu pengunjungnya hanya kami sendiri bertiga ! Luar biasa kan !

IMG_0637

Hint : Kalau kita datang saat hari kemerdekaan Indonesia, kita akan melakukan upacara bendara di batu ditempat saya dan teman saya berdiri diatas disaksikan dari bawah  dengan hiasan-hiasan bendera merah putih kecil dari plastik diatasnya lagi. epic ga sih, epic-lah ya. instagram material banget.

Jujur, untuk harga saya lupa berapa pastinya harganya. Setau saya harganya antara Rp 50.000- Rp 70.000. Memang lebih mahal dari Goa Pindul yang harganya kisaran Rp 30.000. Tetapi, serius Goa Kalisuci : super recommended !

One thought on “Jalan – Jalan Anti Mainstream Yogyakarta : Goa Kalisuci

Leave a Reply

