Budget Travelling With MOM ! : Bangkok – Chatuchak Market

Halo !

Saya akan bercerita tentang Chatuchak Market, Bangkok, Thailand ! Saya sangat bersemangat untuk menceritakan ini karena ini salah satu tourist attraction yang paling menarik menurut saya sendiri.

DSCN0581

Chatuchak Market adalah pasar yang hanya buka pada saat weekend saja (Jumat Malam, Sabtu, dan Minggu) dalam suatu wilayah yang besar di Kamphaeng Phet 2 Road.

Ingat ! Hanya dibuka pada saat weekend, kawan. Kami sangat beruntung karena sejujurnya saat mengurus pondasi travelling (baca : transportasi antar negara), saya belum mengetahui bahwa ada Chatuchak Market hanya buka pada saat weekend. Dan ternyata jadwal yang kami pilih sangat tepat karena empat hari tiga malam di Thailand yang randomly kami pilih jatuh pada hari Kamis-Jumat-Sabtu-Minggu ! YEAYZ !

Anyway, cukup curhatnya. Hanya memastikan jika kalian ingin perjalanan kalian ke Bangkok terasa super komplit datanglah ke Chatuchak Market dan pastikan kalian liburan saat weekend.

Produk yang dijual dalam pasar ini bermacam-macam mulai dari makanan, minuman, pakaian pria, pakaian wanita, aksesoris, streetwear, secondhand stuffs, barang seni Thailand dan oleh-oleh Thailand, alat masak, alat tulis, buku, interior rumah, bahkan binatang peliharaan dan lain lain yang saya mungkin belum lihat karena saya kira-kira hanya melihat sekitar 30% pasar dalam 9 jam saya berjalan kaki non stop dengan mama saya.

Ya, 30% saja karena pasar ini begitu besar sehingga dikatakan sebagai pasar terbesar di Thailand dan juga diklaim sebagai pasar terbesar di dunia! Wow.

Transportasi ke Chatuchak Market

Dari Airport Don Mueang

Kebanyakan dari kita mungkin memang memilih pesawat paling murah untuk pergi ke Thailand dan dapat kita ketahui bahwa jika kita naik budget-airplane kita akan di-“turun”-kan di Bandara Don Mueang. Jika kalian sudah tidak sabar lagi untuk shopping dan kebetulan datang saat weekend langsung saja ambil bus A1 yang terdapat di antrian bus (tanya saja sama staff bandara) dan tunggu untuk bus A1 datang.

Bus A1 akan mengantar kalian tepat langsung di depan Stasiun BTS Mo Chit yang notabene juga Chatuchak Market.

Dari Siam

Dari Siam kalian cukup naik dari BTS Siam, beli tiket, duduk manis, nonton iklan di TV, lihat pemandangan luar kereta hingga BTS Mo Chit yang notabene turun-turun langsung Chatuchak Market.

Mudah kan ?

What’s So Interesting There ?

 Literally, Everything. But still I need to explain tho.

Minuman. Disana kalian akan rugi besar jika belinya air mineral untuk melepas dahaga. Kalian cukup membeli air kelapa, jus jeruk, jus mangga, jus sirsak, jus jambu biji, maupun jus buah-buahan lainnya dengan harga yang sangat terjangkau cenderung lebih murah daripada air mineral.

DSCN0566

Makanan. Disana kalian akan rugi besar jika membeli makanan berat untuk melepas kelaparan. Kalian cukup membeli jajanan-jajanan yang oke punya disana dari yang normal seperti kentang goreng, chicken wings, nuggets, dim sum, dan sate-sate seafood hingga yang abnormal seperti telur cumi-cumi (enak parah), belalang, dan jangkrik. Satu jajanan yang sangat wajib dicoba disini adalah es krim kelapa, yaitu es krim yang ditaroh langsung di pecahan setengah batok kelapa dengan isi buah kelapa dan topping yang bisa kita pilih sendiri seperti meses, nata de coco, dan kacang.

DSCN0578

DSCN0576

Secondstuffs disana banyak banget, tidak jarang kalian akan bertemu dengan barang yang masih bagus tetapi udah second sehingga harga menjadi murah, banyak juga jual sepatu Doc Martens second biarpun harga terkadang tidak murah juga, tetapi tidak semahal beli yang baru kok

DSCN0571

Local Brands. Ada satu tempat yang favorit saya, sangat dan sepertinya remaja-remaja Thailand juga hobi kesana saat weekend yaitu Section 3 Chatuchak Market ! Di Section 2 – 3 ini adalah butik-butik yang dimiliki oleh local brand-local brand yang sedang naik daun yang sepertinya pula dimiliki oleh anak muda kreatif Thailand. Kasarnya, Section 2 – 3 Chatuchak Market ini seperti Goods Dept. raksasa dengan fashion apparels yang sangat unik dan kreatif. Salah satunya yang menarik di mata saya adalah topi safari / sun hat dengan print peta dunia. Keren Parah. Tapi Mahal.

DSCN0584

DSCN0585

Interior Stuffs. Disana terdapat satu section dimana dijual sofa-sofa, bantal, dan dekorasi rumah lainnya yang unik yang mungkin unreachable saat kamu lihat di tumblr, tetapi ternyata disini ada langsung didepan mata. Jika kalian sangat tertarik dan mau membeli tetapi tidak tahu cara bawanya ke rumah kamu dengan selamat, tenang saja. Mereka sudah menyiapkan diri untuk mengantarkan barang yang kalian beli dengan DHL atau jasa pengiriman sejenisnya.

Dan masih banyak lagi. Serius, banyak banget.

Jika kalian jalan-jalan disana hingga sore hari, jangan kaget jika sekitar pukul 17.00 terdapat musik diputar melalui speaker-speaker publik dan semua orang terdiam berdiri di tempat masing-masing. Ikutlah berdiri untuk menghormati lagu nasional mereka yang sepertinya bersifat “memuji” raja mereka, kata blog-blog lain sih lagu tersebut bukan lagu kebangsaan. Kalian akan sangat kaget karena orang-orang yang tadinya sangat ramai dan berisik di pasar tersebut tiba-tiba diam saat lagu diputar rasanya kalian seperti berada di kerumunan flashmob, perasaannya sungguh kebingungan. Saya sendiri pada awalnya mengira ini adalah flashmob untuk mengenang Bangkok Shutdown beberapa bulan yang lalu dan mama saya mengira ada serombongan orang yang menunggu dijemput bus tour wisata mereka sehingga mama mengajak jalan cepat-cepat melewati mereka dengan gesit seperti tiang-tiang. mom, that doesn’t even make sense……

TIPS Melancong di Chatuchak Market

Pakailah pakaian senyaman mungkin, celana pendek akan sangat baik, kaos katun akan sangat baik mengingat Chatuchak Market tidak ber-AC.

Pastikan kalian telah menyimpan barang bawaan kalian dengan aman karena konon masih terdapat banyak copet disana, tetapi pihak pariwisata disana sudah menyadarinya kok sehingga mereka memasang peringatan juga dan sudah menangkap banyak sekali copet yang mereka pajang mukanya disuatu poster besar dekat toilet umum.

Mintalah peta disana. Saya sendiri belum menemukan information center tempat kita bisa mengambil peta karena kami meminta melalui money changer. Tetapi coba tanya-tanya saja kepada penjual-penjual siapa tahu mereka punya.

Saya ingatkan kembali : Mintalah peta disana !

Chatuchak Market adalah pasar yang sangat besar ! Kalian tentu akan sangat kesal saat tidak mengetahui kemana kalian akan pergi atau kalian ternyata hanya berputar-putar di tempat yang sama terus-menerus padahal masih banyak section-section menarik yang kalian dapat kunjungi, oleh sebab itu peta akan menjadi sesuatu yang sangat dibutuhkan untuk mengetahui section mana yang belum kalian kunjungi. Tidak bisa baca peta ? Paksakan diri anda ! Akan lebih mudah dan berkesan jika menggunakan peta. Percayalah.

DSCN0587

Advertisements

1 Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s